Ketua DPRD BU: Jaga Stok dan Stabilitas Harga Pangan

Selasa, 29 Maret 2022, Maret 29, 2022 WIB Last Updated 2024-01-08T16:33:21Z

 


Bengkulu Utara, DinamikaPublik - Jelang Ramadhan yang sudah semakin dekat, Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH mendorong asosiasi produksi pangan, pedagang dan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama menjaga harga komoditas kebutuhan pokok. Diharapkan dengan ini harga komoditas pangan tidak melonjak.

"Beberapa pekan yang lalu stok minyak goreng habis dimana-mana, harganya kemudian naik, saya harap ini tidak terjadi kembali menjelang puasa, termasuk bahan pokok lainnya," ungkap Sonti Bakara saat diwawancara awak media, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, beberapa harga pokok mulai merangkak naik di tengah daya beli masyarakat yang meningkat. Bila persediaan tetap, maka harga akan naik sehingga diperlukan cara dari pemerintah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar ketersediaannya tetap ada dan harganya terjangkau

Selain itu, dibutuhkan teknologi untuk melancarkan kerja sama antar daerah atau kabupaten dan kota mengenai informasi-informasi ketersediaan barang. Tidak lupa pemerintah harus memperkuat adanya 4 pilar, yakni dengan keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif.

"Jika keempat hal tersebut terpenuhi, maka akan ada dampak baik menjelang Ramadan dan selalu berdiskusi dengan OPD terkait guna memantau setiap pergerakan pasar di Bengkulu Utara ini. Untuk itu saya harap dinas perdagangan jauh-jauh hari sudah menghitung dan mengantisipasi, menganalisis, dan mengendalikan sampai pada mengeksekusi di pasar agar harga bisa diprediksi," harap politisi PDI-Perjuangan teraebut.

Pewarta: Bayu.
Editor: Redaksi.

Komentar

Tampilkan

  • Ketua DPRD BU: Jaga Stok dan Stabilitas Harga Pangan
  • 0

Terkini

Topik Populer